Latifah azzahra

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Uang,duit,dan rupiah?

Uang,duit,dan rupiah?

Uang ,duit,dan rupiah pasti sudah tak asing lagi di telinga kita.Setiap hari kita hidup berdampingan dengan kata-kata ini.

Tapi,ternyata uang ,duit,dan rupiah punya asal usul juga lho,mau tau?ini sejarahnya.

Jadi,ternyata pada awal kemerdekaan RI ,alat pembayaran yang sah terbuat dari daluwang yaitu sejenis kertas yang terbuat dari kulit pohon.Semenjak saat itu orang mempercayai bahwa asal usul uang berasal dari kata daluwang.

Pendapat lain juga mengatakan bahwa kata uang berasal dari kata "wang"yang konon "wang" alat pembayaran yang terbuat dari emas dan hanya digunakan untuk membayar barang-barang yang waah atau mahal saja.

Selain itu,ada juga yang mengatakan bahwa kata uang berasal dari seorang ahli keuangan china yang bernama Wang An Shi.Lalu orang indonesia akhirnya menyebutnya dengan oeang,sesuai ejaan dalam tulisan bangsa indonesia dahulu.

Lau bagaimana dengan duit?,duit atau dalam bahasa belanda duit dan bahasa jerman deut adalah sebutan informal untuk uang dalam bahasa indonesia dan melayu.

"duit"merupakan sebutan untuk mata uang terkecil dari negri kincir angin(belanda).Secara etimologis kata duit/deut berasal dari bahasa Norse kuno "thveif"artinya sejenis koin kecil ,namun arti harfiahnya adalah kepingan-kepingan.

Jadi,wajar saja orang indonesia terbiasa menyebut uang dengan sebutan duit,ya, karena terbiasa diupah menggunakan duit oleh belanda.

Berbeda lagi dengan rupiah.Terrnyata rupiah berasal dari kata india yaitu rupiya yang juga berakal dari bahasa sansekerta yaitu rupyakam yang berarti "perak".

Diperuntukkan untuk menamai mata uang di indonesia sebagai alat pembayaran yang sah karena pengaruh kebudayaan india pada masa kerajaan- kerajaan Hindu-Budha di Nusantara selama ratusan tahun yang telah terasimilasi kedalam budaya dan kebahasaan di negara kita.

Nama rupee (rupi) juga digunakan sebagai mata uang negara-negara seperti india,pakistan,nepal,seychelles.Dimaladewa disebut sebagai "rufiyah" hanya beda "f" saja dengan di indonesia yaa..

Nah sekarang kamu sudah tahukan asal-usul dari uang,duit,dan rupiah.Semoga ini dapat menjadikan pembelajaran,itu saja yang dapat aku sampaikan ,sampai jumpa di bacaan selanjutnya..

Selamat membaca!!!

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bergabung bersama komunitas Siswa Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali